top of page
Search
  • marylynnmcc5s

Aplikasi Penjualan Dan Stok Barang Dengan Excel: Tutorial Lengkap Membuat Dan Menggunakan Aplikasi



Sebagai contoh, perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur yang memproduksi barang dan memiliki lebih dari satu gudang bisa melakukan pembukuan stok barang baik secara manual, dengan membuat tabel excel maupun penggunaan software yang dapat mempermudah dalam pencatatan keluar masuk barang hingga laporan barang terjual .


Jika Anda tak ingin repot dengan cara manual, kini Anda bisa download aplikasi penjualan berbasis web gratis dari Jurnal yang akan memudahkan proses keluar masuk barang, transaksi jual beli, dan masih banyak lagi.




Aplikasi Penjualan Dan Stok Barang Dengan Excel




Apakah Anda sedang menjalankan usaha di bidang retail saat ini? Jika ya, maka Anda perlu mempelajari bagaimana cara membuat laporan stok barang harian gudang, namun Anda tidak perlu khawatir karena bisa download contoh form inventory dalam bentuk Excel yang akan diberikan oleh Blog Mekari Jurnal.


Alasannya adalah karena penyusunan barang memerlukan waktu yang tidak sebentar. Dengan memberi kode atau barcode maupun menggolongkan letak barang, maka stok opname bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.


Biasanya judul kolom berupa nomor, kode barang, harga barang, jumlah dan lain sebagainya. Kolom-kolom tersebut disesuaikan dengan jenis informasi yang akan disampaikan sesuai tujuan dibuatnya laporan.


Karena isinya sangat berguna, aku memberikan sedikit otak atik data agar lebih mudah dalam mengisinya. Selebihnya adalah hasil karya dari sang pembuat (Edi Subarkah). Terimakasih ya pak, atas aplikasi stok gudang gratis yang berguna ini.


Keuntungan menggunakan aplikasi pembukuan stok barang masuk dan keluarKarena aplikasinya berupa excel, penulisan jadi lebih mudah dan gampang, bahkan praktis. Kita bisa mengetahui hasil penjualan dan juga keuntungan yang didapat selama terjadi transaksi penjualan. Kita juga bisa mengetahui stok barang masih banyak atau menipis.


Ketika kita akan memasukkan penjualan yang melebihi stok, maka tetap bisa dilakukan. Alangkah lebih baik jika penjualan yang dilakukan melebihi jumlah stok, maka akan ada laporan otomatis atau tanda yang menginformasikan bahwa stok telah kosong.


Jika kita menilik di internet, sebenarnya banyak sekali aplikasi berupa web, software atau ios yang bisa digunakan, tapi karena masih belum membutuhkan software yang sangat besar tersebut, aku menggunakan data stok barang excel ini terlebih dahulu.


Keterangan: Dunia bisnis terus berubah dan semakin cepat. Dibutuhkan sistem yang handal untuk membantu anda memenangkan persaingan, Mengambil keputusan secara akurat dan meyakinkan. gunakanlan penjualan & stok barang (medium business edition) dengan teknologi yang disempurnakan, penjualan & stok barang (medium business edition) menawarkan kecepatan akses data (lokal maupun jaringan) yang jauh lebih cepat, mampu menyeimbangkan antara fitur dan kecepatan akses. beberapa modul tambahan pada versi Medium business memungkinkan bisnis anda dapat terintegrasi, terkontrol dan memenangkan persaingan.


Kecepatan akses jaringanBiaya operasionalLaba rugi sederhanaGrafik penjualanKartu stokStok limit lebih canggihHutang piutang lebih lengkapHitung total persediaanDiskon khususImport data dari excel


Last Update 21-07-2010:- Import data dari excel dan Aplikasi Penjualan 5.5.- Add data supplier/pelanggan baru pada form transaksi penjualan dan pembelian. - Penghitungan pada kasir dan penjualan (perhitungan stok dengan sistem LIFO).- Jumlah QTY pada laporan kasir detail.- Laporan penjualan kasir untuk 1/2 letter maximal 8 item.- validasi pada laporan : dibuat oleh, disetujui oleh.- user level : [Operator] tidak bisa membuka menu laporan,menu setting dan data item.- Import data dari penjualan 5.5 dan 5.0 dengan perhitungan harga pokok menggunakan average (rata-rata).- Penambahan kolom satuan barang pada masing-masing laporan transaksi.- Perhitungan laporan laba rugi kotor.- Perbaikan faktur pembelian dan penjualan support 1/2 letter maksimal 3-4 baris.- Perbaikan penghitungan laporan penjualan per item dengan penjualan (eror laporan penjualan per item tidak menghitung diskon perfaktur)- Perbaikan penghitungan laporan penjualan per item dengan penjualan (eror laporan penjualan per item tidak menghitung pajak pada faktur)


Dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan lain yang semakin mudah untuk dikerjakan berkat kemajuan teknologi di era modern. Lebih hebatnya lagi, Grameds bisa menyesuaikan gadget dan aplikasi tersebut sesuai dengan minat ataupun bidang yang sedang Grameds geluti saat ini.


Sebut saja jika kalian merupakan pebisnis yang memiliki perusahaan, baik itu perusahaan kecil atau perusahaan besar. Kalian tentunya memerlukan yang namanya stok barang agar perusahaan kalian tetap bisa berjalan seperti biasanya. Dan kegiatan ini lagi-lagi semakin dipermudah dengan adanya aplikasi stok barang.


Sebelum kita memasuki topik utama pada artikel ini, yakni 10 aplikasi stok barang terbaik, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu mengenai apa itu stok barang, agar Grameds nantinya dapat lebih mudah dalam memahami aplikasi-aplikasi stok barang yang akan dipaparkan.


Stok barang pada dasarnya adalah barang-barang yang disimpan di perusahaan tersebut dengan tujuan agar mereka bisa menyediakan barang-barang ini jika nantinya diperlukan suatu waktu, baik itu untuk diperjualbelikan maupun sebagai kebutuhan bahan baku suatu produk.


Kegiatan ini tentunya tidak dilakukan oleh kepala perusahaan atau pemilik perusahaan, melainkan dikerjakan oleh inventaris di perusahaan tersebut. Selain stok barang, inventaris perusahaan juga berperan untuk menerima barang dari penyuplai serta mengelola barang-barang tersebut sebelum disalurkan ke pembeli.


Grameds pasti pernah ingin membeli suatu barang, namun barang tersebut sedang tidak dalam stok. Peristiwa seperti itu memang menjengkelkan, baik untuk pembeli maupun penjual. Pembeli gagal mendapatkan apa yang mereka mau, sementara penjual gagal mendapat untung lebih serta memenuhi kepuasan pembeli.


Ketiadaan suatu barang dapat dicegah dengan stok barang yang konsisten dari perusahaan. Memang ada kalanya barang-barang yang diinginkan pelanggan tidak ada karena penyuplai barang tidak menyediakan barang tersebut ke perusahaan. Salah satu contohnya adalah kelangkaan minyak goreng yang sempat melanda Indonesia Maret 2022 lalu.


Supermarket, minimarket, hingga pedagang eceran kesulitan menjual minyak goreng karena mereka tidak mendapatkan suplai dari penyuplai. Jika kasusnya memang seperti itu, wajar saja jika stok barang yang seharusnya dilakukan perusahaan tidak berjalan dengan baik.


Tetapi, jika barang-barang yang diinginkan tidak dalam kelangkaan atau sulit didapat oleh perusahaan seperti buku tulis, makanan ringan, atau makanan peliharaan, alangkah baiknya jika mereka dengan konsisten melakukan stok barang untuk kebutuhan pelanggan.


Jika Grameds sudah memahami apa itu stok barang dan betapa pentingnya proses ini untuk dilakukan, kali ini kita akan membahas mengenai aplikasi stok barang itu sendiri. Karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, keberadaan aplikasi ini banyak membantu pekerja perusahaan dalam melakukan stok barang.


Dahulu, kebanyakan orang melakukan stok barang menggunakan aplikasi bawaan dari laptop atau komputer mereka, salah satunya adalah Microsoft Excel. Bahkan masih ada sejumlah perusahaan yang mencatat barang-barang tersebut secara manual menggunakan pulpen dan kertas.


Kegiatan ini tentunya melelahkan dan amat membuang waktu. Belum saja jika adanya kesalahan dalam pencatatan barang-barang dan bisa saja berpotensi mengacaukan kegiatan jual beli di perusahaan tersebut. Di sinilah peran aplikasi stok barang mulai terlihat.


Sesuai dengan namanya, aplikasi stok barang berfungsi untuk membantu inventaris dalam memantau barang-barang yang tersedia di perusahaan tersebut secara otomatis. Hal-hal yang bisa aplikasi ini lakukan meliputi melacak pesanan, penerimaan barang, hingga penyaluran barang ke konsumen.


Kalian tidak perlu lagi repot-repot untuk menanyakan secara langsung kepada pekerja atau penyuplai barang mengenai stok barang perusahaan. Cukup melihat aplikasi stok barang di gadget kalian, dan kalian akan mendapatkan informasi yang kalian butuhkan terkait keberadaan barang-barang tersebut. 2ff7e9595c


0 views0 comments

Recent Posts

See All

Instagram hack apk mod baixar 2022 última versão

Instagram Hack APK Mod Download 2022 Versão mais recente O Instagram é uma das plataformas de mídia social mais populares do mundo, com mais de 1 bilhão de usuários ativos mensais. Ele permite que voc

Gta 5 4.0 apk

GTA 5 2.00 APK: como jogar Grand Theft Auto V no seu dispositivo Android Grand Theft Auto V, ou GTA 5 para abreviar, é um dos videogames mais populares e bem-sucedidos de todos os tempos. É um jogo de

bottom of page